Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

Kadisdikbud Kuningan U Kusmana Hadiri Pengukuhan 123 Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Kuningan

IMG-20240123-WA0007

Kadisdikbud Kuningan U Kusmana Hadiri Pengukuhan 123 Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Kuningan


KUNINGAN.Jabar,ekspresinews.com Sebanyak 123 guru dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Kuningan dikukuhkan sebagai Guru Penggerak Angkatan 8, merupakan program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud-Restik). Dengan hasil kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan dengan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat. Digelar di Aula SMK Negeri 1 Kuningan, Sabtu (20/1/2024) pagi.

Acara pengukuhan tersebut dihadiri dan dikukuhkan oleh Penjabat Bupati Kuningan Dr. Drs. R. Iip Hidajat, M.Pd., turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Susi Widyawati Hidajat, Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat Mohamad Hartono, SH., M.ED., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan U Kusmana, S.Sos., M.Si., beserta Jajaran Pejabat Struktural dan Fungsional, Khususnya Kepala Bidang GTK Disdikbud yang sekaligus sebagai penanggung jawab Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Kuningan H. Pipin Mansur Aripin, M.Pd., Perwakilan Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, Dewan Pendidikan Kabupaten Kuningan, Ketua Forum Korwil bidang pendidikan, Ketua MKKS SMP, SMA/SMK, Ketua Forum MKKS SD dan Kepala SMK Negeri 1 Kuningan, dan undangan lainnya.

Dalam Sambutannya Pj Bupati Kuningan menyampaikan bahwa program pendidikan guru penggerak merupakan langkah strategis dari Mendikbud-Restik untuk mewujudkan guru yang berdaya dan memberdayakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik.

Dalam pelaksanaannya program pendidikan guru penggerak adalah program pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar di sekitarnya yang dapat mewujudkan merdeka belajar peserta didik, dan mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif, dan proaktif juga menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

“Saya ucapkan selamat kepada guru penggerak yang dikukuhkan dan saya mengapresiasi segala upaya dari semua pihak yang telah bekerja keras untuk merancang dan melaksanakan program ini. tidak kalah pentingnya, peran dari rekan-rekan guru yang menjadi pionir dalam mengikuti program ini.” Tutur Iip Hidajat

Lanjut Iip Hidajat berharap dengan program ini dapat melahirkan lebih banyak guru penggerak yang akan membantu membentuk generasi yang berintegritas, cerdas, dan kreatif. guru-guru penggerak ini akan menjadi teladan bagi rekan-rekan mereka dan akan berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kuningan.

Menurutnya para guru penggerak adalah agen perubahan yang akan membawa angin segar dalam dunia pendidikan di kabupaten kuningan. semangat untuk terus belajar, beradaptasi, dan berinovasi sangatlah penting, dan itulah yang menjadi semangat dari program pendidikan guru penggerak.

“setelah pengukuhan ini, sejalan dengan motto guru penggerak tergerak, bergerak, dan menggerakan. Semoga bapak ibu guruh dapat mendukung program kuningan menuju kabupaten pendidikan pada tahun 2025.” Pungkas beliau

Sebelumnya diterangkan oleh Penanggung jawab Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Kuningan dalam laporannya, di Kabupaten Kuningan terdapat 123 Guru Penggerak yang dinyatakan lulus dengan rincian jenjang pendidikan TK 10 Guru, SD 55 Guru, SMP 32 Guru, SMA 13 Guru, dan SMK 13 Guru.

“Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama sembilan bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.” Tutupnya

Acara pengukuhan ditandai dengan penyematan selendang oleh Pj Bupati kuningan dengan Kepala BVMBGP bagi peserta yang menandai sahnya tenaga pendidik tersebut menjadi Guru Penggerak, dan disaksikan oleh para undangan

(Biro-Korlipda/RedPemkab)

#Terintegrasi MC.AMPER@ PUSAKA dan JAringan Wartawan Aktivis nusantaRA

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights