Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

KONTRIBUSI SANTRI TURUT SERTA BERDEMOKRASI

IMG-20240213-WA0018

KONTRIBUSI SANTRI TURUT SERTA BERDEMOKRASI

CIANJUR.Jabar,ekspresinews.com
Sejak jaman perang kemerdekaan dahulu, peran santri selalu berada di garda terdepan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tak terhitung berapa jumlah pahlawan yang berasal dari kalangan cendekia agama Islam, hingga kini di masa mengisi kemerdekaan, peran santri tak pernah surut berdemokrasi, bahkan untuk prosesi Pemilu para santri selalu berjibaku menunaikan hak nya untuk memilih pemimpin untuk menjadi wakilnya.

Seperti pesta demokrasi tahun ini, beberapa pesantren di Cianjur Jawa Barat, meliburkan santrinya untuk ikut berpartisipasi mencoblos, tentunya bagi santri yang telah memenuhi syarat.

Salah satunya adalah pesantren Nurul Hikmah, para santri bahkan dibolehkan libur selama 1 hari dan 2 hari bagi santri yang lokasi rumahnya di luar kota.

kebijakan memulangkan santri untuk mengikuti pemilu juga menjadi bukti jelas bahwa para santri dapat berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dimulai menjadi pemilih, bisa jadi di masa yang akan datang generasi pemilih pemula ini akan turun langsung dalam pemerintahan atau bahkan menjadi pemimpin Negara.

Menurut salah satu pimpinan pondok pesantren Al-Muntaha, KH Ridla Syarif, ketika ditemui pada Selasa (13/3/24), budaya pulang kampung untuk mencoblos memang sudah menjadi tradisi pondok, “Kami senantiasa memberikan arahan betapa penting dan mulia nya kegiatan memilih pemimpin, karena itu sesuai syariah, bahkan menjadi kewajiban sebagai warga negara,” katanya.

Salah satu santri, Ahmad mengaku senang karena dia bisa berpartisipasi ikut Pemilu tahun ini, “Alhamdulillah, tahun ini pertama kali saya mencoblos, iya saya akan memilih pemimpin pilihan sesuai hati nurani saya, ga ada yang mengarahkan, Kiyai ga nyusuh saya milih siapa, kiyai hanya berpesan, ikutilah kata hati,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan wartawan ekspresinews, terlihat para santri mulai meninggalkan pondok menuju kediamannya masing-masing untuk mencoblos besok hari Rabu (14/3/24)

(Biro-Korlip.Aje/RedPemda)
#Terintegrasi MC.AMPER@ PressTASI PUSAKA dan JAringan Wartawan Aktivis nusantaRA

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights