Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

Undang HMR, Dubes Jerman Kagumi Majunya Ekonomi Batam & Tertarik Investasi

IMG-20230225-WA0021

Undang HMR, Dubes Jerman Kagumi Majunya Ekonomi Batam & Tertarik Investasi

BENGKONG,Batam,ekspressinews.com
Duta Besar Jerman untuk Indonesia dan Timor Leste, Ina Lepel, secara khusus mengundang Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) H Muhammad Rudi (HMR), makan siang bersama (lunch meeting), Rabu (22/2/2023) siang.

Pertemuan selama satu jam di restoran Andaliman, Bengkong, banyak membahas ekonomi Batam secara makro, perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, dan juga perkembangan perusahaan Jerman di Batam.

“Kami datang dari Jakarta dan setelah mendarat kami langsung bertemu dengan Bapak Kepala BP Batam juga selaku Wali Kota Batam. Kami ingin mengetahui bagaimana Batam saat ini. Karena kami mendengar Batam begitu luar biasa, menarik, berkembang dari sisi ekonomi dan bisnis,” kata Ina Lepel.

Dalam acara yang berlangsung begitu hangat dan penuh keakraban itu, turut dihadiri delegasi Kedutaan Jerman, yakni Sekretaris Utama Bidang Ekonomi Maximillian Mauer, Deputy Executive Director German-Indonesia Chamber of Industry and Commerce Martin Kohoutek, dan Staff Bidang Ekonomi Maharini Ayuanindita.

Pihak Jerman juga konsen terhadap pertumbuhan ekonomi Batam pasca-situasi Covid-19, potensi dan tantangan pengembangan proyek tenaga panel surya atau penyediaan energi terbarukan, KEK, hingga proyeksi pengembangan Batam ke depan.

Kepala BP Batam HMR menyampaikan kondisi ekonomi Batam terkini yang secara positif terus mengalami peningkatan.

Hal ini disebabkan oleh kebijakan-kebijakan yang dibangun selama masa pandemi, dan memberikan ruang bagi kegiatan ekonomi hulu dan hilir untuk terus bergerak.

Seperti halnya pembangunan infrastruktur dan tidak dilakukannya lockdown, hingga kebijakan pendampingan Protokol Kesehatan bagi perusahaan di Batam selama masa covid-19 berlangsung.

HMR yang hadir bersama Anggota Bidang Pengusahaan Wan Darussalam dan jajaran, menuturkan bahwa ekonomi Batam secara stabil terus mengalami peningkatan signifikan.

Menurut data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, pertumbuhan ekonomi Batam mencapai 4,75% pada 2021, yang terbilang luar biasa meski di tengah pandemi dan melampaui angka pertumbuhan nasional sebesar 3,69%.

Hingga tahun 2022, ekonomi Batam akan terus tumbuh kuat diproyeksikan dengan rata-rata 5,15% – 5,66%, sementara Kepulauan Riau berada pada angka 5,03%, dan nasional 5,31%.

Ia juga melaporkan data dari Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) 2022. Untuk penanam modal asing (PMA) asal Jerman saat ini terdapat 10 proyek besar baru dengan investasi USD 45.367,4 ribu pada kuartal keempat tahun 2022, dengan total penambahan 41 tenaga kerja Indonesia khusus pada periode tahun 2022. Mayoritas berada pada sektor peralatan listrik dan optic.

“Ini terus kami dorong dari sisi infrastruktur dan kemudahan perizinan. Kami optimistis akan lebih indah angkanya bila perusahaan Jerman beramai-ramai datang investasi di Batam,” jelas HMR sambil bercanda mencairkan suasana.

Hal ini mendapat sambutan hangat dari pihak Kedutaan Besar Jerman. Sekretaris Utama Bidang Ekonomi Maximillian Mauer mengatakan, pihaknya akan mendorong perusahaan-perusahaan Jerman untuk menanamkan modalnya di Batam.

“Luar biasa. Kami sangat tertarik tentu dan siap membantu. Kami akan mendorong dan menyampaikan pada perusahaan kami di Jerman. Mohon disampaikan apa saja yang bisa kami lakukan untuk Batam,” pungkas Mauer sembari melontarkan senyum. (Biro/WAG-LBP/Redaksi)

Diakses MC.AMPER@ PressTASI dan PUSAKA

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights