Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

Pemdes Sangkanerang Salurkan BLT-DD Tahap Ke-2 dan Membangun Inprastruktur sesuai program

IMG-20230719-WA0020

Pemdes Sangkanerang Salurkan BLT-DD Tahap Ke-2 dan Membangun Inprastruktur sesuai program

KUNINGAN.Jabar,eksoressinews.com
Pemerintah Desa (PEMDES) sangkanerang, Kecamatan jalaksana kabupaten kuningan telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) sebanyak 24 KPM.dana desa kemiskinan ekstrem tahap 2 kegiatan berlangsung di Aula balai desa sangkanerang yang dihadiri oleh kepala desa sangkanerang(sarmin.,SE),beserta perangkat desa, camat, pendamping desa, babinkamtibmas, BPD dan anggota, keluarga penerima manfaat (KPM), dan tokoh masyarakat lainnya minggu(16/7/2023).

Sasaran penerima BLT dana desa 2023, yaitu keluarga penerima manfaat (KPM) yang tergolong miskin ekstrem. pemerintah pusat sendiri memberikan keleluasaan kepada pemerintah desa setempat melalui kelurahan dan kecamatan, untuk menentukan dan memberikan BLT Kemiskinan ekstrem 2023.

Adapun kriteria penerima manfaat BLT dana desa ini tertuang dalam peraturan menteri keuangan (PMK) nomor 190/PMK.07/2021 tentang pengelolaan dana desa, pada tahun 2022. keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis, keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/atau APBN, keluarga miskin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum menerima bantuan, dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Merujuk pada amanat Inpres Nomor.4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

”Diberikannya BLT ini melalui proses dan tahapan-tahapan yang sudah ditentukan, sudah ada verifikasi sebelumnya dan dinilai layak”, jelasnya.

Hanya pihak pemerintahan kabupaten melalui kecamatan lanjut sarmin, bahwa bapak Bupati dan Camat berpesan kepada para KPM setelah menerima BLT dana desa ini agar uang yang diterima untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga.

Kades sarmin juga berharap sekaligus menghimbau kepada masyarakat desa sangkanerang dalam hal ini yang mendapatkan bantuan, supaya dapat memanfaatkan dana BLT-DD miskin ekstrem ini dengan semaksimal mungkin sehingga dapat dirasakan betul manfaatnya.

“Tolong dana yang diterima ini di pergunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga berguna dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Saya berharap dengan bantuan ini, semoga masyarakat mendapatkan keringanan untuk meneruskan kehidupan dan menata kembali perekonomian kedepan, serta bermanfaat untuk membangkitkan lagi masyarakat dari keterpurukan”, imbuhnya.

Anggaran DD ke-2,telah dilaksanakan untuk pembangunan JUT dan juga dana IP tahun 2023 diperuntukan untuk renopasi gedung serbaguna sebesar Rp87jt ,mudah mudahan dengan adanya dana IP tahun ini, desa sangkanerang kedepan nya akan lebih baik lagi,” ujar sarmin,kades sangkanerang.

(Biro-Korlipda.Ddn/RedPemda)

Diakses MC.AMPER@ PressTASI dan PUSAKA

Kami tidak menerima sumbangan/menjual barang apapun kecuali iklan/advertorial, pariwara sesuai profosal/kesepakatan. Media dikirim jika ada permintaan

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights