Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

Pj.Wali Kota Pastikan stok dan pasokan pangan di Kota Cirebon aman

IMG-20240326-WA0036

Pj.Wali Kota Pastikan stok dan pasokan pangan di Kota Cirebon aman

KOTA-CIREBON.Jabar,ekspresinews.com
Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi meninjau kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Grage City Mall, Senin (25/3/2024).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Cirebon dengan Bank Indonesia dalam Festival Cinta Rupiah Tahun 2024. Seperti yang diketahui, gelaran GPM sebagai upaya menjaga Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Pj Wali Kota Cirebon dalam sambutannya memastikan stok dan pasokan pangan di Kota Cirebon aman. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir. “Kita pastikan supply dan pasokannya aman dan tersedia di pasar,” ujarnya.

Beberapa komoditi yang tersedia pada kegiatan GPM tersebut diantaranya beras medium Rp10.400/kilogram, beras premiun Rp14.000/kilogram, bawang merah Rp22.000/kilogram, telur ayam Rp29.000/kilogram sedangkan jika menggunakan QRIS Rp28.000/kilogram, cabe rawit Rp35.000/kilogram, gula pasir Rp14.000/kilogram dan masih banyak lagi.

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk menjaga harga komoditas pangan tetap stabil. Salah satunya adalah dengan mendistribusikan beras SPHP dari Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon ke sejumlah ritel modern untuk menjaga komoditas itu tersedia, sehingga memudahkan masyarakat membelinya.

“Alhamdulillah serapan beras SPHP dari Bulog selama ini bagus ya di ritel modern, karena bisa menjadi pilihan dan alternatif masyarakat,” ungkapnya.

Pj Wali Kota menyampaikan bahwa GPM akan kembali digelar di beberapa tempat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Diantaranya pada tanggal 27 Maret bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) untuk para petugas lapangan di lingkungan Pemda Kota Cirebon.

Kemudian di tanggal 30 Maret bekerjasama dengan PWRI Kota Cirebon yang akan digelar di Masjid Nurul Amal Jl Ciremai Raya. Di awal April, GPM serentak se-Indonesia kembali digelar di Grage City Mall dan tanggal 4 April nanti, akan digelar GPM yang tersebar di lima kecamatan di Kota Cirebon.

Pj Wali Kota berharap masyarakat dapat memanfaatkan gelaran GPM ini dengan sebaik-baiknya. Ia juga mengimbau agar masyarakat bijak dalam membeli. “Manfaatkan momen ini untuk membeli komoditi yang lengkap dan lebih murah,” imbaunya.

Di kesempatan yang sama, Pj Wali Kota juga meninjau Festival Cinta Rupiah Tahun 2024 yang digelar Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon. Pj Wali Kota mengapresiasi kegiatan Festival Cinta Rupiah yang bertemakan “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” tersebut.

“Mari kita senantiasa untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah. Kami apresiasi kegiatan ini dan mengajak masyarakat berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan, belanja produksi dalam negeri, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui Rupiah,” harapnya.

(Biro-HKtC/RedPemda)
#Terintegrasi MC.AMPER@ PressTASI PUSAKA dan JAringan Wartawan Aktivis nusantaRA

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights