Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

Jelang Era Revolusi 4.0, Relawan TIK Majalengka Gelar Seminar Literasi Digital Untuk 800 Siswa SMK

IMG-20230309-WA0014

Jelang Era Revolusi 4.0, Relawan TIK Majalengka Gelar Seminar Literasi Digital Untuk 800 Siswa SMK

MAJALENGKA.Jabar,ekspressinews.com
Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Majalengka menggelar Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan yang diikuti 800 siswa SMK di SMKN 1 Talaga dan SMKN 1 Maja Kabupaten Majalengka, Kamis (9/03/2023).

Seminar diawali di SMKN 1 Talaga dengan tema “Makin Cakap Digital Dalam Bermedsos” dengan narasumber Didno pengurus RTIK Jabar, Wanta Heryana dari Relawan TIK Majalengka dan Asep Indra Niagara guru SMKN 1 Talaga.

Kepala Sekolah SMKN 1 Talaga Abah Udin Wahyudin menyambut baik seminar Literasi Digital yang digelar oleh Relawan TIK Kabupaten Majalengka bersama Pandu Digital.

“Di era digitalisasi ini tentu kecakapan digital sangat penting dikuasai oleh para siswa SMK, ini sangat menunjang kurikulum di sekolah kami,”ungkapnya.

Sesi seminar di SMKN 1 Talaga berlangsung dari pukul 09.00 wib hingga pukul 12.00 wib sedangkan sesi kedua Seminar Literasi Digital digelar di SMKN 1 Maja dengan tema “SMK Makin Cakap Digital Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 dengan narasumber M. Abduh Nugraha Ketua RTIK Majalengka, Budi Priatna Guru SMKN 1 Maja dan Esa Firmansyah pengurus Relawan TIK Jawa Barat.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Majalengka M. Abduh Nugraha mengatakan kegiatan literasi digital dapat dilakukan melalui edukasi, diseminasi, dan sosialisasi konten atau materi- materi terkait dunia digital dan teknologi.

“Untuk mendukung literasi digital oleh karena itu, Relawan TIK mengajak para mitra nya untuk menyelanggarakan seminar sebagai salah satu penyelanggaraan kegiatan diseminasi dan literasi digital bagi siswa. Program ini disajikan secara luring, dengan menghadirkan lebih dari satu pemateri yang memiliki kompestensi dibidangnya,”ungkapnya.

Abduh mengatakan kegiatan Seminar Literasi Digital telah dilakukan bagi 2.500 siswa SMK pada tahun 2022 dan dilanjutkan bagi 800 siswa SMK di tahun 2023.

“Tahun 2023 ini kami juga berencana menggelar Seminar Literasi Digital di tingkat perguruan tinggi dan sudah ada dua perguruan tinggi yang sudah diajukan,”ungkap Abduh.

Abduh mengatakan ada 4 tema besar tentang literasi digital ini yaitu tentang digital skills yaitu Kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak TIK serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari

Digital ethic yaitu Kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital (netiquette) dalam kehidupan sehari-hari

Digital culture Kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari

Digital Safety Kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, menimbang, dan meningkatkan kesadaran keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari.

“Empat tema besar diatas yang jadi materi yang disampaikan oleh para narasumber,”tutur Abduh.

Sementara itu Wakasek Bidang Humas SMKN 1 Maja Agus Mulyana mengapresiasi seminar Literasi Digital yang digelar oleh Relawan TIK Kabupaten Majalengka di sekolahnya.

“Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat untuk siswa, ke depan kami siap bekerjasama lagi untuk kegiatan serupa atau yang lainnya,”imbuhnya. (Biro/WAG-FKM/Redaksi)

Diakses MC.AMPER@ PressTASI PUSAKA

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights