Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

Forum Jurnalis Jawa Barat Dalam Berita “HPN 2022 Momentum Bersatunya Insan Pers Untuk Kemajuan Bangsa

IMG-20220211-WA0009.jpg

Forum Jurnalis Jawa Barat Dalam Berita “HPN 2022 Momentum Bersatunya Insan Pers Untuk Kemajuan Bangsa

Garut,ekspresinews.com
Selamat Hari Pers Nasional tahun 2022. Media adalah bagian komunikasi antara manusia (human communication), dalam arti, media merupakan saluran atau sarana untuk memperluas dan memperjauh jangkauan proses penyampaian pesan antar manusia.

Seperti apa yang terkandung dalam UU pers no 40 tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan meyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia. Secara umum, fungsi dan berpungsi atau peranan pers adalah sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, sebagai lembaga ekonomi, dan sebagai media kontrol sosial.

Menurut ketua forum Jurnalis Jawa barat dalam berita (FJ-JABADAR) ada tiga fungsi pers, pertama ; sebagai Alat Pengamat Sosial (Social Surveillance): Pers atau media massa merupakan lembaga yang mengumpulkan dan menyebarkan berbagai informasi dan pemahaman yang objektif terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

Kedua ; sebagai Alat Sosialisasi (Sosialization) Pers atau media massa dapat berfungsi sebagai alat sosialisasi mengenai nilai-nilai sosial dan mewariskannya dari satu generasi ke genarasi berikutnya.

Kegita ; sebagai Alat Korelasi Sosial (Social Correlation) Pers juga dapat berfungsi sebagai alat pemersatu berbagai kelompok sosial yang ada di masyarakat. Hal ini bisa tercapai dengan cara menyebarkan berbagai pandangan yang ada sehingga tercapai suatu konsensus.

Kali ini kita sedang memperingati Hari Pers Nasional ini harus menjadi ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Hari pers Nasional (HPN) sudah menjadi agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia. Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara kelompok pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf Kegiatan ini merupakan agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia.

Sandi priady pun memaparkan Lebih jauh, HPN tidak bisa dilepaskan dari fakta sejarah mengenai peran penting wartawan sebagai aktivis pers dan aktivis politik. Sebagai akivis pers, wartawan bertugas dalam pemberitaan dan penerangan guna membangkitkan kesadaran nasional serta sebagai aktivis politik yang menyulut perlawanan rakyat terhadap kemerdekaan.

Peran ganda tersebut tetap dilakukan wartawan hingga setelah proklamasi kemerdekaan, 17 Agustus 1945. Bahkan, pers kemudian mempunyai peran strategis dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Peran Pers kini mendapat tantang baru akibat dari cepatnya arus globalisasi. Kemajuan teknologi pada abad ini, menjadi kekhawatiran bagi peran pers yang selalu bersentuhan dengan publik setiap harinya. Hadirnya media sosial seperti, Facebook, Instagram, Twitter serta Youtube membuat semua orang bisa melakukan pekerjaan seperti wartawan yang bertugas mencari dan menyuguhkan informasi pada publik.

Tak sampai Kecepatan informasi yang muncul di media sosial, pun mampu merubah struktur peradaban manusia setiap waktunya. Oleh karena itu, pers kini mendapat ujian terberat, karena harus berhadapan dengan informasi yang datang begitu cepat melalui jejaring media sosial.

Salah satu tantanganya yaitu validasi data informasi yang didapatkan dari media sosial diprediksi akan menggantikan peran wartawan. Media harus memberikan ruang kepada generasi milenial agar mampu membedakan berita yang benar dan hoaks. Jangan sampai mereka menganggap seluruh berita yang ada di media sosial benar. Fenomena ini pun membuat berbagai spekulasi yang memprediksi tidak akan ada lagi wartawan yang melakukan peliputan setiap peristiwa.

Menjamurnya media elektronik online yang tak bisa lagi terbendung selalu mengisi labirin-labirin akun media sosial. Sehingga Dewan Pers dengan tegas mengeluarkan regulasi untuk perusahaan pers dan wartawanya segera melakukan verifikasi faktual sebagai langkah pembenahan pers berkredibel dan sehat. Dengan demikian, tantangan pers di zaman millennial ini bukan lagi berada pada kepentingan bisnis dan kecepatan akses berita yang disajikan, melainkan memberikan kontribusi besar dengan menyajikan informasi yang berdampak pada peradaban manusia berlandaskan pada moral bangsa Indonesia.
Maka dari itu peran penting Pers di Acara HPN tahun 2022 ini adalah sebuah kebangkitan Media dan Salah satunya Insan Pers dalam Menyajikan Sebuah Informasi publikasi baik edukasi, peristiwa, dan informasi publik dalam mendukung perbaikan ekonomi serta sebagai pendobrak kemajuan masyarakat bangsa dan negara Indonesia. Pungkas Ketua FJ JABADAR.

(Agus Sumantri/Sandi WAG FPRN/Red)

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights