Search
Tertarik Pasang Iklan ? Hubungi

Beri Rasa Aman, Polres Gresik Gelar Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh di Menganti Gresik

IMG-20240326-WA0024

Beri Rasa Aman, Polres Gresik Gelar Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh di Menganti Gresik

GRESIK-Jatim,ekspresinews.com
Polres Gresik gelar pengamanan Pawai ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Saka Tahun Baru 1946 tahun 2024 di wilayah Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Minggu (10-3-2024). Kegiatan pawai ini berjalan dengan aman dan lancar.

Pengamanan kegiatan pawai ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Gresik AKP Chakim Amirullah, dengan melibatkan personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP,Linmas dan panitia

Pawai diikuti oleh empat pura di wilayah Kecamatan Menganti, yaitu: Pura Jagad Girinatha Desa Beton, Pura Jagad Dumadi Desa Laban, Pura Kerta Bumi Bongso Wetan Dusun Bongso Wetan Desa Penggalangan, Pura Kerta Buana Dusun Bongsokulon Desa Pengalangan.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom menyampaikan bahwa pengamanan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keamanan dan kelancaran perayaan Hari Suci Nyepi bagi umat Hindu.

“Laksanakan tugas dengan humanis, tetap jaga komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi. Selalu bersinergi dengan stakeholder yang ada di wilayah dalam pelaksanaan tugas,” ujar Kapolres Gresik.

Perayaan Nyepi yang didahului dengan kegiatan pawai ogoh-ogoh merupakan acara rutin tahunan yang dilakukan oleh umat Hindu di masing-masing pura di wilayah Kecamatan Menganti. Pawai ini menampilkan ogoh-ogoh, yaitu patung yang dibuat menyerupai orang jahat, yang diarak keliling desa atau jalan raya.

Pada hari berikutnya, umat Hindu akan melaksanakan Catur Brata Penyepian, yaitu empat pantangan yang dilakukan selama 24 jam, yaitu tidak menyalakan api, tidak bepergian, tidak bekerja, dan tidak bersenang-senang. Umat Hindu juga akan melakukan upacara persembahyangan ngembak geni dan pakurban atau syukuran.

Pengamanan dan pengawalan tersebut, merupakan bentuk pelayanan prima Kepolisian, dalam hal ini Polres Gresik.

“Pengamanan untuk memastikan rangkaian kegiatan masyarakat umat Hindu dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” tegasnya.
(Pengirim Redho +62 838-417D-F7A8)

(Biro-Korlipda/RedMabespolri) #Terintegrasi MC.AMPER@ PressTASI PUSAKA dan JAringan Wartawan Aktivis nusantaRA

Berita Lainya...

Verified by MonsterInsights